h1

Artikel ku di MVP,.

November 3, 2008

Kharisma Bangsa rebut satu piala di IPB

SMA Kharisma Bangsa dengan kekuatan 24 orang memberanikan diri untuk turut berkompetisi pada Pesta Sains IPB “the unlimited science” 31 Oktober, 1-2 November 2008 di Kampus IPB Darmaga Bogor. 24 siswa SMA Kharisma Bangsa yang mengikuti 5 jenis lomba yaitu Matematika Ria, Chemistry Challenge, Kompetisi Fisika, Programming Competition, dan Lomba Cepat Tepat Biologi ini berjuang sengit pada penyisihan yang diadakan di Gedung Graha widya Wisuda Bogor, 1 November 2008. Setelah mengarungi babak penyisihan, kegugupan dan rasa harap harap cemas masih menyelimuti semua peserta karena pengumuman hasil penyisihan baru diberitakan esok harinya.
Tanggal 2 November 2008, Hasil penyisihan telah didapat dan siswa yang lolos ke babak selanjutnya langsung bersiap untuk menghadapi semifinal dan final. SMA Kharisma Bangsa cukup “menggigit” dengan meloloskan 11 dari 24 siswa terbaiknya ke babak selanjutnya. Berasal dari kompetisi Fisika, Zulfanahri yang berhasil merangsek ke peringkat 2 penyisihan dan Hendrawan D.P. berhasil lolos ke semifinal. Chemistry Challenge masih belum bisa berbicara banyak setelah dua wakilnya gagal lolos namun kekecewaan ini dapat diimbangi oleh kegemilangan dari Kontestan SMA Kharisma Bangsa di ajang Matematika Ria yang berhasil meloloskan 5 dari 6 wakilnya. Novendra, Yosheph, Nofandy Nur Ibrahim, Marianik, dan Nuzuli Z.N. berturut-turut meramaikan 20 kontestan yang lolos ke babak semifinal. Amanah Ramadiah dan Tim Biologi yang terdiri dari Alvi Syahrie Faizi, Aditya Kemal J.A, dan Aulia Reza berhasil maju ke babak selanjutnya di jenis kompetisinya masing-masing yaitu PC dan LCTB.
Babak semifinal berlangsung seru dan banyak sekali peserta yang berguguran. SMA Kharisma Bangsa berhasil menempatkan satu wakilnya pada final Programming Competition sementara wakil dari Kompetisi Fisika harus puas bertahan sampai semifinal. Tim Biologi juga turut kandas namun SMA Kharisma Bangsa masih mengirimkan pesertanya ke final lewat ajang Matematika Ria setelah Novendra berhasil melewati babak penyisihan. SMA Kharisma Bangsa hamper saja mengirim lebih banyak lagi wakilnya karena 4 kontestan lain menguntit di belakang 5 peserta yang lolos ke final dan bahkan Nofandy Nur Ibrahim finis di urutan ke 6.
Pengumuman hasil final Pesta Sains IPB 2008 berlangsung seru dan menegangkan. Hasil final tahun ini pun sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tidak ada satu sekolahpun yang berhasil mendapat juara 1 di dua bidang. SMA Santa Laurensia berhasil mendominasi Lomba Jajak Pendapat Statistika dan Pesantren Al Bayan Sukabumi menduduki tangga juara di Lomba Karya Ilmiah Populer. LCT Biologi berhasil dijuarai oleh SMAN 2 Bandar Lampung sedangkan Chemistry Challenge dijuarai oleh SMA BPK Penabur Serpong. Wali Hamim (SMAN 3 Pamekasan) dan Risan (SMAN 1 Tangerang) berhasil mengalahkan pesaingnya di kompetisi masing-masing yaitu Kompetisi Fisika dan Programming Competition. Sedangkan title juara untuk ajang paling bergengsi -Matematika Ria- berhasil direbut oleh salah satu wakil SMA Kharisma Bangsa atas nama Novendra setelah lolos dari kejaran 2 pesaing beratnya yang menduduki peringkat 2 dan 3 yang berasal dari satu sekolah, SMAK 1 Penabur Jakarta. Dengan lolosnya Novendra, Kharisma Bangsa pun berhasil merebut satu piala di IPB dan ikut unjuk gigi dalam persaingan antar sekolah di Pesta Sains IPB 2008. Semoga tahun depan kita bisa meraih yang lebih baik lagi! DE-21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: