h1

faktanya?.. kak tera_majin atau kak david hartanto wijaya.

March 9, 2009

edwin2026:
Saya salah satu teman dekat David Hartanto dan saya disini untuk memberikan beberapa fakta, asumsi, dan kemungkinan tentang kasus ini.

Fakta:
1. Lok Tat Seng, Dekan Mahasiswa NTU mengumpulkan semua mahasiswa Indonesia di International Student Center pada sore setelah insiden, dan dia hanya berkata bahwa ada saksi di tempat kejadian yang melihat tubuh David terbaring diatas tanah, meninggal. Lok Tat Seng tidak berkata bahwa saksi melihat David melompat dari balkon, dan
hanya itu -menurut dia- yang saksi lihat.

2. Satu-satunya pernyataan resmi dari pihak kepolisian adalah: David ditemukan meninggal pada TKP, mereka tidak menyebutkan bahwa dia melakukan bunuh diri.

Linknya: http://www.straitstimes.com/STI/STIM…20at%20NTU.pdf

Mereka juga hanya menyebutkan ‘Profesor dipercaya telah ditusuk’ Polisi tidak menyebutkan bahwa ‘Profesor telah ditusuk’ Darimana asumsi ini datang? Mengapa mereka tidak mengatakannya?

3. Saya dan beberapa teman bangsa Indonesia berkumpul malam ini, 3 Maret 2009, jam 8 malam di International Student Center dan berbincang dengan orangtua David, Mereka telah melihat tubuhnya. Disana TIDAK ADA LUKA atau tanda apapun pada pergelangan tangannya, dan polisi juga telah mengkonfirmasikannya.

Saya berasumsi bahwa orangtuanya tidak berbohong, dan berarti semua pemberitaan yang menyebutkan ‘David menyayat pergelangan tangannya’ adalah PALSU.

4. Luka yang ditemukan pada tubuh David, menurut orangtuanya, adalah pada kepalanya (Diduga pada saat jatuh), dan luka sayatan pada lehernya. Luka pada lehernya ini sangat mencurigakan menurut saya. Darimana dia menerima luka tersebut? Lagi, menurut orangtuanya, polisi menduga luka itu terjadi saat bagian bawah kepalanya jatuh ke tanah. Jika begitu, seharusnya dagunya rusak, dan itu tidak.
Pertanyaan saya adalah: DARIMANA LUKA SAYAT PADA LEHERNYA BERASAL?

Asumsi/Dugaan:
1. David menusuk profesor. Darimana anda tahu? TKP adalah ruangan tertutup, hanya David dan profesor itu. Tidak ada yang melihat apa yang terjadi. Saksi mata hanya melihat David lari keluar dari ruangan itu.

2. David bunuh diri. Bagaimana mungkin seseorang yang melakukan bunuh diri menjatuhkan dirinya ke atap kaca, dibanding menjatuhkan dirinya langsung ke tanah.

3. David menyayat pergelangan tangannya. Saya tidak tahu darimana berita ini berasal.

4. Motivasi David.
4.1 Dia kecewa karena prof tidak memberinya nilai yang memuaskan
Nilai belum dikeluarkan, dan bahkan dia belum menerima rapornya. Juga adalah peraturan NTU untuk tidak menginformasikan mahasiswa tentang nilainya sebelum saat pengumuman nilai.

4.2. Dia memiliki masalah mental
Tidak ada catatan di Pusat Konseling Mahasiswa tentang kehadirannya. Untuk murid yang brilian sepertinya, saya tidak percaya dia tidak datang konseling jika dia punya masalah. Juga, dia masih membawa tas dengan barang-barang yang biasa digunakan pada hari insiden, seperti botol minum, handuk, dll. Jika dia berencana membunuh seseorang, mengapa dia harus membawa barang-barang seperti itu, akan lebih mudah untuk hanya membawa satu buah pisau dan menusuk prof di TKP.

4.3. Dia kecewa karena beasiswanya telah dicabut.

Saya kenal David sejak menjadi teman 1 kamarnya 2 tahun berturut-turut sejak kamp pelatihan Olimipiade Matematika. Dia hampir tidak terpilih untuk IMO (International Mathematics Olympic), hanya memperoleh urutan 14 dari 15 orang yang terpilih. Dia masih bercanda dan tertawa pada saya saat itu. Dia juga tidak memperoleh apapun dari IMO dan masih baik2 saja, tidak terlihat tertekan atau apapun, dan menurut orangtuanya, dia berkata “Setidaknya, saya telah mewakili Indonesia pada IMO’. Dia juga masih bermain game Hammerfall di Facebook pada jam 2 pagi pada hari insiden. Teman saya melihat account Facebook-nya online. Bagaimana mungkin seorang pembunuh bermain game pada malam sebelum insiden? Jika saya menjadi dia, saya akan serius mempersiapkan esok hari.

Kemungkinan-kemungkinan:
1. Profesor menyerang David. Saya menyimpulkan hal ini karena beberapa poin penting.
Menurut banyak laporan, pakaian David basah oleh darah. Jika darah itu hasil menyayat pergelangan tangannya, seharusnya tidak membasahi pakaiannya karena pergelangan tangan jauh dari tubuh. Jika dari luka leher, hal itu lebih mudah terjadi.

2. David mencoba lari dari Profesor. Setelah menyadari bahwa dia diserang, dia mempertahankan diri dan lari dari ruangan itu, dengan luka di lehernya.

3. David jatuh karena hilang kesadaran. Dia menjadi panik dan mungkin kehilangan kesadaran karena pendarahan parah, sehingga terjatuh ke atap kaca untuk lari dari Profesor.

12 comments

  1. Sebagai orang tua saya turut mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kpd keluarga dan teman-teman David. Menurut saya, dari awal banyak sekali kejanggalan dan kecurigaan thd peristiwa meninggalnya DAvid. Saya hanya bisa mengatakan bahwa tidak semua dosen itu mulia; dosen juga manusia, ada yang baik tapi ada juga yang menyebalkan, tidak mendidik, bertindak utk kepentingan dirinya sendiri, dan melanggar aturan /norma yg berlaku. Semoga Keluarga, teman-teman, alumni, sekolah David dan yayasan BPK Penabur terus mengupayakan kebenaran atas terjadinya musibah terhadap David. Diharapkan Pemerintah Indonesia mau mengulurkan bantuan dalam upaya mencari kebenaran, mengingat David pernah mengharumkan nama Bangsa. Semoga David mendapat tempat yang layak disisi Tuhan. Amin


  2. Semua telah terjadi, sekarang yang harus dilakukan adalah mencari kebenaran, pemerintah RI (baca: Deplu) harus aktif menekan polisi Singapore agar kejadian cepat terkuak. Selamat jalan ananda David, kiranya engkau tenang disisi TUHAN YANG MAHA PENGASIH.


  3. saya melihat kasus ini sangat sulit terungkap melihat sejak awal sudah ditutup tutupi dandirekayasa, dan saya melihat ini ada tekanan dari pemerintah singapore karena ini kasus menyangkut nama baik negara singapore , jadi ini bukan kasus mencari sipembunuh melainkan membongkar dan mencari apa yang telah ditutupi oleh pihak pihak terkait (polisi, dokter otopsi, ntu, pihak pemerintahan s’pore) . tapi saya harap pihak keluarga jangan putus asa maupun takut dengan mereka. dan saya juga berharap dari pihak pemerintahan NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA juga ikut membantu mengungkap kasus ini jangan cuma bilangnya KESATUAN tapi kalau ada masalah ini cuma masalah kamu SATU orang saja . ayo tunjukan gigimu NKRI. MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA………………………………………………


  4. saya turut berbelasungkawa atas wafatnya david. menurut saya kasus pembunuhan david adalah masalah bangsa. bagaimana mungkin kita diam dan hanya termenung melihat nasib david. hal ini saya tujukan pada orang-orang, lembaga atau institusi yang terkait, pemerintah. seharusnya melakukan tindakan nyata membuat tim investigasi misalnya untuk membuka kasus ini menjadi lebih jelas. david bukan anak biasa, ia anak jenius, berprestasi, dia telah membanggakan Indonesia tetapi mana mereka yang telah
    dibela kehormatan bangsanya lewat prestasi akademis? hanya diam. pemerintah takut. penakut. coba lihat di pulau natuta, pulau itu kini menjadi tempat latihan perang tentara-tentara singapura,nelayan indonesia ingin melaut harus seijin tentara singapura. ini memalukan. singapura negara kecil. mengapa kita harus takut. kasus david harus selesai. sampai tuntas. david punya laporan akhir/skripsi yang sangat bagus, dan katanya, sangat bernilai ekonomis. ini lah liciknya orang singapura, mungkin pihak kampus ingin mengambil hasil karya david dan melenyapkan david. ini asumsi saya, apalagi masalahnya kalau bukan karena tugas akhirnya? jelas-jelas david sedang bimbingan skripsi. tugas skripsi david sangat bagus, kalau tidak salah bisa merubah 2 dimensi menjadi 3 dimensi, saya juga kurang paham, itu penemuan baru, teknologi baru, berdaya jual tinggi. mungkin pihak kampusnya ingin mendapatkan hak cipta david. ini yang perlu ditelusuri. saya bangga pada david, walau tidak kenal secara personal tapi saya merasa ia orang yang selalu optimis. dan itu menginspirasi. satu pesan saya, karena mau dekat pemilu. jangan pilih pemimpin yang mau di setir oleh luar negeri.siapa yang menandatangani kerjasama militer dengan singapura? pangkalan militer kita di pindah-pindah mau aja. siapa itu? pilihlah presiden yang tegas dan berani, bukan promosi, tapi menurut saya prabowo dari gerindra lebih bagus. dia cukup keras dengan orang-orang asing. nasionalis.saya sudah lama mengikuti cerita-cerita tentang beliau, dia tidak mungkin membiarkan bangsa ini jatuh ke tangan negara lain. dia berpuluh tahun dari bapaknya sampai ia sekarang memperjuangkan Indonesia, rasanya tidak mungkin ia jual Indonesia. tidak seperti seseorang yang menjual indosat kepada asing. masih ingatkan anda? sungguh menyedihkan. semua yang saya sampaikan semata untuk mengangkat martabat bangsa ini lagi, yang sekarang sudah hancur, bisa dilihat buktinya, kasus david di cuekin begitu saja. tapi saya selalu optimis, kasus ini terbongkar. david bukan pembunuh. profesor itu lah yang membunuh david. semoga saja itu adalah jawabanya.


  5. saya turut berbelasungkawa atas wafatnya david. menurut saya kasus david adalah masalah bangsa, menyangkut harkat dan martabat Indonesia yang disepelekan oleh singapura, dan pemerintah Indonesia yang mengganggap,


  6. gimana mungkin ada anak2 bangsa yang diam saja membaca/mendengar kejadian ini.
    jujur saya marah ketika mencari berita ini di search engine google…david adalah salah seorang yang pernah mengharumkan nama bangsa..sangat berdosa !!bila pemerintah tidak memberi perhatian lebih pada masalah ini
    bahkan kalo boleh saya bilang pemerintah sangatlah JAHAT bila tidak menuntaskan kasus ini.
    apakah mereka takut pada pemerintah singapura?
    bisa saja kan indonesia mengirim penyidik kesana atas nama anggota PBB?
    ato apakah karena Memang Para Pemerintah kita Yang ‘Hebat’ Sangat SIBUK dengan Pemilu Yang Gak pernah JELAS masalahnya itu???
    yah kasus ini seperti teredam dengan hiruk pikuk pemilu legislatif…
    sudah saatnya kita semua yang peduli bersuara..
    bukan demi siapa siapa??
    Tapi demi Harga diri Kita sebagai sebuah Bangsa yang besar!!!


  7. saya turut berbelasungkawa atas kejadian ini…
    semoga keluarga dan sahabt david selalu dikuatkan…
    dikutkan juga untuk berani menguak misteri ini…
    saya percaya david tidak bersalah dan tidak melakukan bunuh diri…


  8. Apalah banggaku menjadi WNI, tokh pemerintah ku juga tidak bisa berbuat apa – apa saat ada WNI yang di tindas, di aniaya bahkan di bunuh. Wahai perintah RI kemana kalian…


  9. Sudah hampir 2 bln kematian tragis David Mhs Indonesia di NTU Singapura, anak bangsa yg pernah mengharumkan nama bangsa & negara Indonesia. Tapi mengapa pemerintah RI seakan-akan tutup mata, kuping & hati utk mencari tahu & menyelidiki kebenaran akan kasus kematian David yg dituduh telah menikam dosennya & lalu bunuh diri, merupakan tuduhan yg sangat keji & mengoyak kehormatan bangsa Indonesia. Sementara pemerintah Singapura tdk ada niat utk mencari tahu siapa dalang dari semua ini. Sedangkan pemerintah Indonesia sibuk dgn urusan untuk perpanjangan kekuasaannya saja. “Halo..petinggi negara bangun bahwa banyak hal lain yg masih harus dikerjakan ketimbang urusan pemilu yang sekarang semakin memuakkan. Ingat ada saudara kita, anak kita, teman kita, dan permata kita yg terbunuh, dibunuh dan difitnah”


  10. Mari kita sama sama mendesak Pemerintah RI agar bertindak, bertindak, bertindak….dan bertindak…alias action. Aku malu jadi orang Indonesia kalau Bangsa Indonesia terutama diwakili oleh Pemerintah dan DPR RI tidak mampu mendesak Pemerintah Singapura untuk secara jujur membuka kasus David, jangan diam saja, akan banyak nanti David David yang lain dan kembali dibiarkan saja, mana nilai Kebangsaan, mana NKRI, kita hanya jadi pecundang bagi negara tetangga, sangat memilukan, kita hanya sibuk menghamburkan energi untuk banyak kebohongan dalam pemilu/ pilkada bahkan nanti pilpres. Berkibarlah Merah Putih-ku, lindungi wargamu yang terpaksa belajar di luar negeri karena di Indonesia sangat tidak memuaskan, bekerja di luar negeri karena juga terpaksa. Bangkitlah Indonesia-ku.


  11. bayangkan,.

    betapa ga pedulinya Indonesia,.

    RCTI baru nyiarin bulan-bulan ni!!
    trus baru diusut kasusnya,.

    ckckckck,..

    btw, semoga yang laen ga mengalami hal serupa,.
    semga aku juga gag,.

    amien


  12. Saya menduga saat ini pemerintah singapore sedang berusaha meng-hack file-file yang ada di dalam laptop David. Mungkin kabar burung tentang penemuan David yang konon dipuji profesornya (Kalau kamu bisa menyelesaikan kamu bisa dapat nobel) itu benar adanya?
    Entahlah. Tapi David juga mungkin bukan anak ceroboh. Pastilah dia meproteksi file-file skripsi dia, mungkin dengan password atau semacamnya. Dan penemuan itu juga baru 90%an selesai, jadi mungkin orang-orang bego di lab singapore saat ini kesulitan menyelesaikan penemuan itu. Salah sendiri, otak penemu itu tidak mudah ditiru, dan terkadang sungguh mustahil mengikuti jalan pemikiran dari original owner of the invention.
    Bukannya ngajak kerjasama baik-baik, malah merebut penemuan dengan membunuh. Harapan saya adalah semoga penemuan itu terbukti buntu untuk seratus tahun kedepan, biar tahu rasa tuh pemerintah singapore.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: