h1

Maryamah Karpov

May 12, 2009

resensi novel maryamah karpov,. ni resensi novel maryamah karpov asli buatanku sendiri sebagai tugas akhir bahasa indonesia di sekolah,. selamat menik-mati,.

Judul Buku                  : Maryamah Karpov

Penulis                         : Andrea Hirata

Penerbit                       : Bentang Pustaka

Cetakan                       : Pertama, November 2008

Tebal                           : 504 halaman

Maryamah Karpov merupakan jurus pamungkas dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Buku ini pantas sebagai pengiring dari buku-buku Andrea Hirata sebelumnya yang berhasil merajai kumpulan buku best-seller di Indonesia. Maryamah Karpov dan pendahulunya seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor berhasil meruntuhkan benteng komersialisasi romantisme yang merebak di pasaran buku Indonesia secara besar-besaran mulai dari novel romantis, novel vulgar, hingga teenlit. Karya sastra yang bening nan teduh ini berhasil melahirkan nafas baru dan memperbanyak improvisasi dari kiblat penulisan di Indonesia. Orang pesimis banyak bilang bahwa buku sastra hanya sebagai pajangan etalase dan idealisme terakhir penulis sastra saja namun tetralogi buatan Andrea Hirata berhasil membongkar hingga ke akarnya pandangan picik yang mengungkungi batas-batas ide penulisan buku di Indonesia.

Inspiratif dari awal hingga akhir, kulminasi tertinggi dan permainan emosi yang selalu berada di puncak berhasil diatraksikan dengan baik oleh buku ini. Tidak hanya menggambarkan sisi positif kreativitas sang penulis, ragam pilihan kata yang diambil juga melambangkan kekayaan bangsa Indonesia akan budaya berbahasa yang mau tidak mau menyita perhatian seluruh rakyat pecinta bahasa untuk merambahnya lebih dalam lagi. Andrea Hirata layaknya juragan penjaga pintu yang membukakan pintu masa depan baru bagi perkembangan sastra di Indonesia dan memberikan aura positif bagi penulis lain untuk terus berpacu dalam karya dan tidak pernah mengenal puas akan kombinasi sastra yang mereka mainkan masing-masing. Tak heran jika seorang Sapardi Djoko Damono pun berdecak kagum dan memberikan komentar positif tentang semua karya yang dihasilkan oleh Andrea Hirata terutama Maryamah Karpov yang digadang-gadang sebagai buku pamungkas pertunjukan sastra yang dibawakan langsung oleh maestro dari ranah melayu, Andrea Hirata.

Buku ini membawa unsur budaya melayu yang sangat kental dan pluralisme lawas anutan bangsa Indonesia serta keringat besi orang-orang melayu kelas bawah khas Indonesia. Perekonomian menengah kebawah dengan segi geografis kelautan berhasil dibakuhantamkan dalam latar kejadian-kejadian di Maryamah Karpov. Inisiasi bahasa dan asimilasi kata diacukan sebagai fragmentasi antara budaya melayu asli dan budaya Indonesia yang dibangun dari perkembangan ideologi melayu. Buku ini sangat layak untuk menjadi pusat perhatian tidak hanya bagi sastrawan di seluruh dunia, juga bagi pecinta buku dan penulis yang ingin merambah kreativitasnya sendiri karena Andrea Hirata telah membuktikan bahwa masih banyak celah dalam sastra yang masih bisa untuk dimasuki dan dibuahi. Singkat kata, membaca ulasan buku ini takkan pernah habis untuk menggambarkan seluruh panorama keindahan kata dan frasa yang ditampilkan hingga Anda sendiri yang harus membacanya. Selamat menikmati.

Firdaus, 11 Mei 2009.

http://www.tempatgila.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: